Oleh: Paroki St. Antonius Hayam Wuruk | Juli 11, 2010

Renungan Minggu Biasa XV

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Luk 10:27).

Selamat Hari Minggu Biasa XV

Saudara-saudari yang baik,

Allah sangat mengasihi manusia, kendati manusia sering tidak setia dan berdosa. Kasih Allah Nampak dalam pribadi Yesus yang mengurbankan jiwa dan raga-Nya untuk menyelamatkan umat manusia dari perbudakan dosa. “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup kekal” (Yoh 3:16). Jaminan hidup kekal diberikan kepada orang yang percaya, taat dan menaruh harapan kepada-Nya.

Sebagai orang beriman, kita mesti mempraktikan iman dalam tindakan nyata. “Iman tanpa perbuatan, pada hakikatnya adalah mati,” kata St. Yakobus. Tuhan ingin agar iman itu diwujudkan dalam kasih sebagaimana Dia sudah mengasihi kita (bdk. 1 Yoh 4:21). Tuhan mau kita memiliki kasih kepada Allah (Vertikal) dan juga kasih kepada manusia (horizontal). “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Luk 10:27). Itulah hukum kasih yang sudah ditanamkan dalam hati kita. Bila kita mampu melaksanakan hal itu, niscaya kita sudah mencicipi kehidupan kekal yang dijanjikan Allah kepada kita semua.

Allah terlebih dahulu mengasihi kita. Sekarang, kita membalas kasih Allah itu dengan mengasihi sesama dan menaati perintah-perintah-Nya. Orang yang berbuat kasih, ia akan berani berkurban. Karena kasih itu menuntut kurban sebagaimana Yesus telah mengurbankan jiwa dan raga-Nya sebagai wujud kasih Allah Bapa kepada kita manusia. Mari kita berkurban bagi sesama, sebagaimana Yesus dan orang samaria, niscaya kita akan menikmati kehidupan kekal bersama para kudus di Surga. (Sumber Ruah Edisi Juli-September 2010 halaman 39)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: