Oleh: Paroki St. Antonius Hayam Wuruk | Maret 10, 2011

Masa Prapaskah dan Aktivitas Paroki

Dear Rekan-rekan Dunia Maya yang dikasih Tuhan Yesus,

salam sejahtera,

Memasuki bulan Maret ini, kita kembali bertemu dengan Masa Prapaskah, yaitu masa yang disiapkan khusus untuk merayakan puncak iman kita: Wafat dan Kebangkitan Yesus Kristus. Masa Prapaskah dimulai sejak Rabu Abu dan puncaknya di Minggu Palma, awal dari Pekan Suci.

Masa Puasa dan Pantang ini berlangsung selama 40 hari, dan selama masa ini kemuliaan dan Alleluia tidak dinyanyikan.

Masa Prapaskah merupakan masa istimewa untuk berdoa, bertobat, bermatiraga dan melakukan karya belas kasihan sebagai persiapan menyambut perayaan paskah. Dalam kerinduaanya untuk memperbaharui praktek-praktek liturgi Gereja, Konstitusi tentang Liturgi Kudus Konsili Vatikan II menyatakan. ” Dua ciri Khas masa Prapaskah yaitu: Mengenang atau Mempersiapkan pembaptisan, dan membina tobat – haruslah diberi penekanan yang lebih besar dalam liturgi dan dalam katekese liturgi. Masa Prapaskah merupakan sarana Gereja dalam mempersiapkan umat beriman untuk merayakan Paskah, sementara Sabda Tuhan dengan lebih sering dan meluangkan lebih banyak waktu untuk berdoa.”

Masa Prapaskah diatur secara lebih mantap setelah legalisasi agama Kristen pada tahun 313. Konsili Nisea (tahun 325), dalam hukumnya mencatat bahwa dua sinode provinsial haruslah diselenggarakan setiap tahun, “satu sebelum Masa Prapaskah selama 40 hari”. Peraturan-peraturan Masa Prapaskah terutama Puasa dan Pantang pada saat itu bervariasi. Pertama, sebagian wilayah Gereja berpantang dari segala bentuk daging dan produk hewani, sementara yang lain berpantang makanan tertentu seperti ikan. Kedua, peraturan umum adalah orang makan satu kali dalam satu hari, yaitu pada sore hari atau pada pukul 3 petang.

Peraturan-peraturan Masa Prapaskah terutama Puasa dan Pantang mengalami perkembangan. Pada Akhirnya, makan sedikit pada waktu siang diperbolehkan guna menjaga daya tahan tubuh selama melakukan pekerjaan sehari-hari. Makan ikan diperbolekan dan n akhirnya makan daging juga diperbolehkan sepanjang minggu kecuali pada hari Rabu Abu dan setiap hari Jumat. Dispensasi diberikan untuk mengkonsumsi produk-produk hewani jika orang melakukan kerja berat, dan akhirnya peraturan ini pun sepenuhnya dihapuskan.

Rekan-rekan dunia Maya yang terkasih,

berikut ini adalah kegiatan Paroki Selama bulan Maret ini:

  1. Rapat-rapat
    1. Rapat Dewan Pastoral Paroki Santo Antonius, dilaksanakan pada hari Senin, 07 Maret 2011, pukul 19.30 wib di aula baru paroki.
    2. Rapat Dewan Pastoral Stasi Santo Antonius, dilaksanakan pada hari Senin 21 Maret 2011, pukul 19.30 wib di aula baru paroki.
  2. Bidang Kerygma
    1. Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) dilaksanakan pada tanggal 14-19 Maret 2011, pukul 18.00 – 22.00 wib di aula baru paroki, pesertanya 2 orang per lingkungan, kelompok kategorial, Dewan Pastoral Paroki, dan Dewan Pastoral Stasi.
  3. Bidang Koinonia
    1. Pembinaan OMK untuk persiapan Jubileum Kapusin dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Maret 2011 pukul 15.00 wib di gedung serbaguna Paroki.
    2. Pembukaan Jubileum Kapusin pada hari Minggu, 13 Maret 2011 pukul 09.00 wib-selesai bertempat di Paroki Padre Pio Helvetia. Pembukaan  ini di isi dengan Perayaan Ekaristi, Seminar dan Perlombaan Olahraga.
  4. Bidang Liturgia
    1. pembukaan Masa Prapaskah Yakni Rabu Abu akan dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Maret 2011. Perayaan Ekaristi distasi Masing-masing dimulai pukul 19.30 wib.
    2. Seluruh Penerimaan Sakramen Perkawinan ditangguhkan sampai pada Masa Paskah.

Selamat Datang dan selamat berkarya kami ucapkan kepada P. Bonifasius Saragih, OFMCap diparoki Hayam Wuruk Medan.

demikian laporan singkat ini.

salam kasih


Responses

  1. salam dan selamat juga untuk pastor bonifasius saragih.OFMcap


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: